REFI, ANIZA RIZWANA (2024) MODEL PENDIDIKAN PENGEMBANGAN LITERASI KEBANGSAAN UNTUK ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA SEBAGAI SARANA INTEGRASI BANGSA DI SANGGAR BIMBINGAN KAMPUNG BARU, KUALA LUMPUR, MALAYSIA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (904kB) |
|
Text (Similarity Check)
refi aniza rizwana1 FIX.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan fondasi utama dalam pembentukan identitas nasional dan integrasi masyarakat. Pekerja migran, khususnya anak-anak mereka, sering menghadapi tantangan signifikan dalam mengakses pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks kebangsaan mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan pengembangan literasi kebangsaan bagi anak-anak pekerja migran di Sanggar Bimbingan Kampung Bharu, Kuala Lumpur, Malaysia.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Model pendidikan ini didesain dengan fokus pada pengembangan literasi kebangsaan, yang mencakup pemahaman budaya, sejarah, dan nilai-nilai yang membentuk identitas nasional indonesia. Sanggar Bimbingan di Kampung Bharu dianggap sebagai pusat integrasi masyarakat, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk menerapkan model pendidikan ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan pengembangan literasi kebangsaan efektif dalam meningkatkan pemahaman anak-anak pekerja migran terhadap kebudayaan dan sejarah indonesia. Program ini juga mendorong partisipasi aktif, membentuk rasa kebangsaan, dan memperkuat integrasi sosial di antara peserta. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan identitas nasional anak-anak pekerja migran, sambil memberikan mereka keterampilan dan pengetahuan yang dapat meningkatkan peluang masa depan mereka di tengah masyarakat Malaysia yang multikultural.Model pendidikan ini dapat dijadikan acuan bagi lembaga sejenis atau program pengembangan literasi kebangsaan di tempat-tempat lain yang memiliki populasi anak pekerja migran. Melalui upaya ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung bagi anak-anak pekerja migran untuk menjadi bagian yang berarti dari kehidupan sosial dan budaya di negara tempat mereka tinggal.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Kebangsaan, Anak Pekerja Migran, Integrasi Bangsa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Refi Aniza Rizwana | |||||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2024 06:22 | |||||||||
Last Modified: | 05 Mar 2024 06:22 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8364 |
Actions (login required)
View Item |