PERAN GURU SEJARAH DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP NASIONALISME PADA PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENELADANI TOKOH PAHLAWAN PANGERAN UNDRU PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

EDI, SUPRIADI (2013) PERAN GURU SEJARAH DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP NASIONALISME PADA PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENELADANI TOKOH PAHLAWAN PANGERAN UNDRU PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
similarity check Edi Supriadi b.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru sejarah dalam mengembangkan sikap nasionalisme pada proses pembelajaran sejarah dengan meneladani tokoh pahlawan Pangeran Undru pada siswa kelas XI IPS. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru sejarah dalam mengembangkan sikap nasionalisme dengan meneladani tokoh pahlawan Pangeran Undru pada siswa kelas XI IPS, dan (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam mengembangkan sikap nasionalisme pada siswa kelas XI IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru sejarah dan siswa. Teknik penentu informan yang digunakan adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Peran guru sejarah adalah guru sejarah sebagai, model, motivator, fasilitator, pengarah atau director, pembimbing, dan evaluator dan (2) kendala yang di hadapi guru sejarah dalam mengembangkan sikap nasionalisme diantaranya, kurangnya peran dari orang tua, pergaulan siswa, dan pengaruh kemajuan teknologi. Saran bagi guru sejarah selalu berperan aktif dalam mengembangkan sikap nasionalisme siswa, bagi semua pihak sekolah harus menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme sehingga memberikan contoh dan teladan yang baik pada siswa, dan bagi siswa harus selalu mengamalkan nilai-nilai nasionalisme. Kata Kunci: Peran guru, sikap nasionalisme, meneladani tokoh Pangeran Undru

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAhmad, Afandinidn0819038401
Thesis advisorRosada, Rosadanidn0821028401
Uncontrolled Keywords: Peran guru, sikap nasionalisme, meneladani tokoh Pangeran Undru
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > 902 Aneka Ragam Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Edi Supriadi
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:59
Last Modified: 04 Sep 2023 07:59
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8089

Actions (login required)

View Item View Item