PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENJAWAB SOAL TIPE HOTS PADA MATERI PANAS DAN PERUBAHANNYA KELAS V DI SDN 26 DOMPU

DEVIATUL, DEVIATUL (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENJAWAB SOAL TIPE HOTS PADA MATERI PANAS DAN PERUBAHANNYA KELAS V DI SDN 26 DOMPU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
Deviatul.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sain teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan siswa menjawan soal tipe HOTS pada materi panas dan perubahannya kelas V SDN 26 Dompu. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain pre-test pos-test kontrol group design menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran sains teknologi masyarakat, dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan menjawab soal tipe HOTS siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 26 Dompu yang berjumlah 36 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen sebanyak 18 siswa dan kelas V B sebagai kelas kontrol sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik yaitu uji - t dengan bantuan SPSS 26. Hasil analisis data pada uji t menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,02 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan menjawab soal tipe HOTS siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat, Soal Tipe HOTS.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Deviatul Deviatul
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:01
Last Modified: 21 Aug 2023 04:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7959

Actions (login required)

View Item View Item