DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO KARTUN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN KELAS III SDN 28 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

EVI, FITRIANINGSIH (2023) DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO KARTUN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN KELAS III SDN 28 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
EVI FITRIANINGSIH b.docx (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video kartun terhadap minat belajar siswa tema lingkungan kelas III SDN 28 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menganalisa data untuk mengetahui kevalidan dari RPP, angket dan lembar keterlaksanaan pembelajaran dari data hasil pre-tes dan post test kelas kontrol dan kelas eksperimen, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penelitian ini, maka penggunaan video kartun terhadap minat belajar siswa pada tema lingkungan kelas III Sekolah Dasar dengan bantuan software SPSS 25 for windows untuk menghitung Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa hasil pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai sig. 0,119 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh dari penggunaan video kartun terhadap minat belajar siswa pada tema lingkungan kelas III Sekolah Dasar atau dapat dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata dari minat belajar siswa antara penggunaan video kartun dengan pembelajaran menggunakan kartu bergambar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Video Kartun, Minat Belajar, Sekolah Dasar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Evi Fitrianingsih
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:10
Last Modified: 21 Aug 2023 02:10
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7957

Actions (login required)

View Item View Item