MUHAMAD, ANDI JAFIR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 SURANADI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III-1.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN-2.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
MUHAMAD ANDI JAFIRz.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media pengajaran audio visual berbasis canva merupakan suatu media yang tepat digunakan dalam muatan pembelajaran IPA. Media pengajaran audio visual berbasis canva ini bisa menjadi solusi permasalaan belajar peserta didik, maka diharapkan peserta didik bisa menaikkan hasil belajar, minat belajar saat kegiatan pengajaran, serta peserta didik mendapatkan visualisasi dengan nyata tentang konsep yang sajikan, sehingga peserta didik dapat belajar pengulangan materi dimanapun dengan menyimak media audio visual berbasis canva. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media audio visual berbasis canva dalam muatan pembelajar IPA untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 1 Suranadi. Penelitian ini termaksud penelitian pengembangan (Development research) media pembelajaran audio visual berbasis canva yang dari Borg and Gall dengan instrument pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data untuk ahli validasi media materi, bahasa, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan media.. Berdasarkan nilai analisis data tentang pengujian audio visual berbasis canva yang dikembangkan yang dilihat dari penilaian validator dan siswa, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Media audio visual berbasis canva yang dikembangkan, diperoleh data dari 2 validator ahli media dengan persentase 80% kategori valid, dan 2 validator ahli materi dengan persentase 80% pada kategori valid. (2) Hasil angket respon siswa diperoleh data persentase dari respon siswa uji terbatas di kelas IV SDN 1 Suranadi, dengan persentase 97,3% pada kategori sangat praktis. Dengan demikian media audio visual berbasis canva yang dikembangkan praktis. (3) Keefektifan media audio visual berbasis canva dilihat dari hasil siswa mengerjakan soal tes pilihan ganda dan diperoleh data hasil uji lapangan di kelas IV SDN 1 Suranadi, dengan persetase rata-rata nilai siswa Ngain 76% pada kategori Efektif
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Audio Visual Berbasis Canva, IPA, Hasil Belajar | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | muhammad andi jafir | |||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2023 02:55 | |||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2023 02:55 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7955 |
Actions (login required)
View Item |