ARIA, TUTI MELANI (2023) PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 1 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
SKRIPSI ARIA TUTI MELANI.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
Abstract
Berbagai masalah yang sering dijumpai dalam proses pembelajaran diantaranya siswa kurang memiliki rasa tanggung jawab belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, peneliti menemukan beberapa masalah yang berkaitan dengan karakter tanggung jawab siswa yaitu ketika guru memberikan tugas, siswa tidak mampu menyerahkan tugas yang diberikan guru pada tepat waktu, apabila mengerjakan tugas, siswa mengerjakannya dengan cara melihat pekerjaan temannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui penanamkan karakter tanggung jawab melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kuripan. Adapun waktu penelitian mulai dilakukan pada bulan April sampai Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi, instrument wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Pemeriksaan data pada penelitian ini dilakukan dengan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, uji data dengan berbagai sumber data dan teknik. Hasil penelitian menujukkan bahwa, (1) menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa yaitu Guru mengajarkan keteladanan, melaksanakan kegiatan rutin setiap jum’adt (imtaq), memberikan arahan setiap hari senin upacara bendera, atau menyampaikan pidato, memberikan teguran dan hukuman. (2) penanaman karakter tanggung jawab di dalam kelas melalui pelaksanaan pembelajaran dengan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, tidak hanya dilakukan di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung, namun dilakukan di luar kelas yaitu dengan melalui berbagai macam kebiasaan. (3) faktor pendukung menanamkan karakter tanggung jawab yaitu guru menjadi teladan bagi siswa, tata tertib yang harus dipatuhi, faktor penghambat dalam menanamkan karakter tanggung jawab yaitu lingkungan keluarga, kelalian orangtua dalam memonitor anaknya dapat menimbulkan dampak buruk, tidak ada komunikasi dengan baik orangtua terhadap anaknya atau peserta didik tersebut.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Karakter Tanggung Jawab, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Aria Tuti Melani | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:21 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:21 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7644 |
Actions (login required)
View Item |