PENGARUH PERILAKU PENGEMUDI TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS PADA SIMPANG EMPAT REMBIGA KOTA MATARAM (STUDI KASUS)

DIAZ, ARIMBI (2023) PENGARUH PERILAKU PENGEMUDI TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS PADA SIMPANG EMPAT REMBIGA KOTA MATARAM (STUDI KASUS). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
2BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
3BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1COVER - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4SIMILARITYCHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemacetan pada simpang bersinyal Rembiga Kota Mataram diakibatkan karena pelaku yang beraktivitas untuk melakukan mobilitas ke tempat-tempat yang dituju untuk mempermudah perjalanan. Sepeda motor cenderung mengadopsi gaya mengemudi aktif manuver ilegal untuk mencapai posisi yang diinginkan di ruas jalan, sehingga banyak kendaraan tertahan akibat konflik di disimpang dan fase hijau berikutnya masih terjadi antrian kendaraan. Perilaku pergerakan seperti ini yang mempengaruhi kendaraan lain mengurangi kecepatannya dan menyebabkan kemacetan. Kondisi eksisting pada simpang belum mampu menampung volume lalu lintas yang tegolong padat dan pengaruh perilaku pengendara yang masih kurang tertib. Untuk mengetahui persoalan tersebut penelitian ini menggunakan metode survei langsung dan dokumentasi dilapangan untuk mencari data LHR dan GAP Acceptance. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada Simpang Empat Rembiga Kota Mataram, didapatkan hasil Analisa volume jam puncak maksimum. Volume tertinggi pada hari Sabtu dan Minggu di jam 16.45 – 17.45 wita. Pada ruas Jalan Dr. Wahidin dengan ruas lebar jalan yang paling kecil diantara keempat simpang mendapatkan volume jam puncak sebesar 1536, kapasitas C sebesar 522 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 1.11 degan tingkat pelayanan F. Terjadi prbedaan Panjang antrian diakerenakan pada saat terjadi gap banyak kendaraan yang melakukan gerakan membelok kekiri dan ke kanan untuk bergabung ke arus jalan utama sehingga mempengaruhi Panjang antriannya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorAHMAD, ZARKASInidn0819068903
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pengemudi, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, GAP Acceptance, Panjang Antrian.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Diaz Arimbi
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:32
Last Modified: 21 Jul 2023 02:32
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item