PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDEN TEAMS ACHIEVEMEN DIVISION ( STAD) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SDN MEKA KELAS IV TAHUN 2021/2022

Roni, Kurniawan (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDEN TEAMS ACHIEVEMEN DIVISION ( STAD) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SDN MEKA KELAS IV TAHUN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V- LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text (similarity check)
proposal roni lolos (2) (2).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Meka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dirancang menggunakan penelitian Quasi eksperimen design. Jumlah populasi digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 23 peserta didik yang terdiri dari kelas A dengan jumlah 11 peserta didik dan kelas B dengan jumlah 12 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan tehnik sampel jenuh yang merupakan pengambilan sampel dengan menjadikan bagian dari anggota populasi untuk dijadikan sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 23 peserta didik yang terbagi di 2 kelas yaitu kls IV A sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stay dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jumlah peserta didik 12 peserta didik. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tehnik tes dan non tes. Tehnik tes menggunakan tes tertulis berbentuk Pree-test dan non tes menggunakan dokumentasi berupa foto, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Sebelum melaksanakan penelitian instrument test diuji coba terlebih dahulu di kelas V SDN Meka, kemudian dilakukan uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran. Selanjutnya untuk uji hipotesis dilakukan dengan uji-t Independent samples t-test, namun sebelumnya dilakukan uji-t terlebih dahulu uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil perolehan data uji hipotesis dengan menggunakan uji T Independent samples t-test diperoleh nilai t_hitung = 16,1 sedangkan taraf signifikansi 5% untuk t_(tabel )= 2,0 yang artinya t_hitung > t_(tabel ) dan di lihat dari hasil sig (2-tailed) yaitu 0,000 yang artinya < 0,05. Sesuai dengan ketentuan krateria uji-t indevendent sampel test bahwa ho diteruma dan ha diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achivemen division terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Meka tahun ajaran 2021/2022 Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Nizaarnidn0821078501
Thesis advisorSyafruddin, Muhdarnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams
Subjects: 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Roni Kurniawan
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:02
Last Modified: 17 Feb 2023 09:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6744

Actions (login required)

View Item View Item