ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KELAS TINGGI DI KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA

MIFTAHUL, ARIFIN (2023) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KELAS TINGGI DI KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V dan Lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Similarity Check)
Shimilarity check Miftahul Arifin (1).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text
Cover-BAB III.pdf

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang paling mendasar maupun yang paling utama dalam proses pendidikan di sekolah. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi seorang guru dalam melakukan persiapan pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran kelas tinggi di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Dalam mengumpulkan data dengan teknik ini, kegiatan wawancara akan dilakukan dengan beberapa orang informan atau nara sumber, yaitu guru kelas 4, 5 dan 6 SD di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima yang terdiri dari 5 gugus dan dimana 1 gugus di ambil 1 sekolah. Wawancara dilalukan untuk memperoleh data kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas tinggi di Kecamatan Bolo kabupaten Bima. Peneliti telah melakukan penelitian dan mengambil data tentang kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas tinggi menggunakan Teknik kusioner, wawancara dan dokumentasi kegiatan. Dari 15 guru sekolah dasar di 5 sekolah di Kecematan Bolo Kabupaten Bima 73,3% (11 guru) sudah siap dan 26,7% (4 guru) belum siap melaksanakan pembelajaran di kelas tinggi. Kesiapan guru sekolah dasar di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima yang terdiri dari 5 gugus dalam melaksanakan pembelajaran dikelas tinggi berada pada kategori “tidak siap” sebesar 26,7% (4 Guru) dan kategori “siap” sebesar 73,3% (11 Guru). Jadi dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru sekolah dasar gugus 1 dalam melaksanakan pembelajaran dikelas tinggi menunjukan kesiapan yaitu sebanyak 73,3% (11 Guru).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Pembelajaran, Guru, Pembelajaran Kelas Tinggi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: MIFTAHUL ARIFIN
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:52
Last Modified: 16 Feb 2023 03:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item View Item