ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN BANGSAL DALAM MENDUKUNG PARIWISATA GILI TRAMENA BERDASARKAN PERSEPSI WISATAWAN

NURUL, TAMIA (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN BANGSAL DALAM MENDUKUNG PARIWISATA GILI TRAMENA BERDASARKAN PERSEPSI WISATAWAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
Skripsi mia bismillah 03 mar - Copy.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan pelabuhan Bangsal dalam mendukung pariwisata Gili Tramena berdasarkan persepsi wisatawan. Melihat kondisi pelabuhan Bangsal saat ini, banyak wisatawan asing maupun lokal yang mengaku kurang puas dengan pelayanan yang dilakukan pihak pelabuhan Bangsal. Menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan kuisioner. Adapun teknik analisis menggunakan skala likert serta uji validitas dan realibilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan pelabuhan Bangsal memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu kategori “baik” dengan presentase 72% hal ini dilihat dari kelima sub variabel penelitian yang digunakan yaitu kehandalan (realibility), berwujud (tangible), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Artinya kualitas pelayanan pelabuhan Bangsal sudah mampu melayani atau cukup memuaskan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata melalui pelabuhan Bangsal ke tujuan wisatanya. Akan tetapi, dalam hal ini masih terdapat beberapa kekurangan yang dinilai oleh wisatawan kurang baik dan cukup baik. Seperti kurangnya penyediaan alat-alat keselamatan diruang tunggu, minimnya penyediaan tempat duduk, dan ketersediaan moda transportasi darat yang sulit didapatkan, serta tidak adanya ruang perawatan atau klinik untuk orang sakit.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFARIZ, PRIMADI HIRSANnidn0804118001
Thesis advisorARDI, YUNIARMANnidn0818068001
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelabuhan Bangsal, Persepsi Wisatawan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 629 Lain-lain Cabang Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah Dan Kota > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Tamia
Date Deposited: 10 Feb 2023 06:45
Last Modified: 10 Feb 2023 06:45
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6605

Actions (login required)

View Item View Item