LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MATARAM

ELDA, FILZIA (2023) LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similariti check)
ELDA FILZIA (2).docx (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB) | Request a copy

Abstract

Pemberian pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur pemerintah merupakan suatu perwujudan dari fungsi aparatur negara sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang bertujuan mengarahkan, membimbing dan menunjang kegiatan masyarakat yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dibutuhkannya kerjasama antara penyelenggara pemerintah dengan masyarakat, partisipasi dari masyarakat itu sendiri dapat berupa keluhan-keluhan yang disampaikan oleh masyarakat yang dapat menjadi acuan pemerintah dalam memperbaiki kualitas layanan yang diberikan dan juga sudah menjadi kewajiban dari pihak pemerintah dalam menerima dan mengelola pengaduan yang datang dari masyarakat. hal tersebut dapat diwujudkan dengan adanya program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) sebagai penyelenggaraan pelayanan publik dalam menindaklanjuti setiap aspirasi dan pengaduan yang datang dari masyarakat, kemudian dalam perkembangannya Pemerintah Kota Mataram ikut serta dan bekerjasama dalam menggunakan program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR sebagai media untuk memfasilitasi aspirasi dan aduan masyarakat. Sistem LAPOR merupakan sebuah layanan yang dikembangkan bersama oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Ombudsman RI, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemanpan-RB) yang kemudian ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N). Sebagai SP4N tentunya dapat dijadikan sebagai wadah masyarakat untuk dapat lebih aktif berpartisipasi dalam mengawasi pembangunan dan pelayanan publik yang dengan adanya program LAPOR ini dapat dengan mudah untuk menjalin interaksi antar pemerintah dengan masyarakat. Selain itu juga dapat dikatakan program LAPOR ini lebih efektif dibandingkan dengan media lain hal tersebut karena program LAPOR bisa langsung diakses oleh masyarakat secara mudah melalui email, sms, telfon dan media sosial. Dengan adanya LAPOR tersebut dapat menyelesaikan pemahaman dan kerjasama antara pihak pemerintah dengan masyarakat

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMINTASRIHARDI, MINTASRIHARDInidn0830016101
Thesis advisorTAUFIK, RACHMANnidn0825078701
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Efektivitas, Hambatan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 321 Sistem Pemerintahan & Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Eida Filzia
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:18
Last Modified: 26 Aug 2024 02:26
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6492

Actions (login required)

View Item View Item