PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MUHAMMAD, BILAL (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (957kB)
[img] Text (Similarity Check)
MUHAMMAD BILAL.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh staregi pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Inpres Naru 1 Sape tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Inpres Naru 1 Sape Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 61 orang siswa. Berdasarkan hasil analisi dan pembahasan, maka diperoleh bahwa hasil belajar mengalami peningkatan Berdasrkan uji t diperoleh nilai t hitung> t tabel pada taraf signifikansi 5% (2,773> 1,671) dan hitungan taraf signifikansi (2-tailed) lebih kecil pada 0,05 (0.007< 0,05) sehingga dapat dinyatakan terdapat peningkatan secara signifikan pada skor hasil kognitif belajar siswa kelas eksperimen atau yang diberikan perlakuan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan hasil kognitif belajar siswa kelas IV SDN Inpres Naru 1 Sape.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Thesis advisorArpan, Islami Bilalnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif, Strategi Active Knowledge Sharing.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Bilal
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:28
Last Modified: 20 Jan 2023 03:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6390

Actions (login required)

View Item View Item