ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus Pada Industry Mebel Kayu Jati Kabupaten Dompu)

Arbain, Asnawi (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus Pada Industry Mebel Kayu Jati Kabupaten Dompu). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_ARBAIN ASNAWI_NIM 216120079_ ADMINISTRASI BISNIS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV_ARBAIN ASNAWI_NIM 216120079_ ADMINISTRASI BISNIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_ARBAIN ASNAWI_NIM 216120079_ ADMINISTRASI BISNIS.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Similarity Check)
ARBAIN ASNAWI PLAGIASI REVISI BARU.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB) | Request a copy

Abstract

Peran industri furnitur dalam penerimaan negara, banyaknya pemangku kepentingan, dan semakin pentingnya persaingan dalam menjalankan bisnis furnitur, maka perlu dilakukan upaya untuk menjamin keberlangsungan industri furnitur. Akibat lain dari banyaknya industri mebel juga menyebabkan persaingan yang kuat tidak hanya antar perusahaan dalam negeri, tetapi juga dari perusahaan asing. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untruk mengetahui 1). strategi pemasaran industri mebel jati di kabupaten Dompu dan Strategi pemasaran yang tepat bagi industri mebel jati di Kabupaten Dompu untuk mendapatkan daya saing. Pendekatan dan jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Dompu tepatnya di mebel kayu jati dengan informan adalah konsumen yang melakukan pembelian. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik penumpulan data yang digunakan antara lain obervasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dari teori Miles dan Huberman. Keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan kriteria kredibilitas yaitu berupa trigulasi dan bahan referensi. Adapun hasi penelitian antara lain strategi pemasaran UD. Mebel Makmur Jaya Abadi berkaitan dengan bauran pemasaran, yaitu produk, penjualan, promosi, dan harga. Untuk produk UD. Furnitur Jaya Abadi ini beragam, mulai dari pintu, meja, kursi, lemari, dll. Penjualan masih mengandalkan walk in, sehingga potensi pasar di Kabupaten Dompu, Kecamatan Manggelewa, belum bisa digarap. Promosinya menggunakan metode word of mouth yang masih menjadi pilar utama, metode pemasaran yang sesuai dengan konsep pemasaran syariah, namun dari UD. Möbel Makmur Jaya Abadi ingin meningkatkan metode periklanannya dengan menggunakan teknologi terkini. Metode STP (segmentasi, targeting dan positioning) di UD. Mebel makmur jaya selamanya dibuat mengikuti tren pasar saat ini. Strategi UD. Makmur Jaya Abadi Furniture, terbiasa menghadapi persaingan pasar, memberikan pelayanan maksimal yang ramah, testimoni konsumen, memperluas jaringan serta meningkatkan kualitas dan standar produk. Strategi ini merupakan produk dari UD. Makmur Jaya Abadi Furniture akan mampu bersaing dengan produk-produk kompetitif yang sudah ada di pasaran. Dengan strategi ini juga dapat bertahan dengan kondisi saat ini yang menyebabkan banyak perusahaan dengan produk pengganti yang bahkan dapat merubah posisi furniture kayu.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMintasrihardi, Mintasrihardinidn0831126204
Thesis advisorSulhan, Hadinidn08013038202
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, daya tingkat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Arbain Asnawi
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:50
Last Modified: 29 Dec 2022 07:50
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6304

Actions (login required)

View Item View Item