STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS III MI RAUDHATUSSIBYAN NW BELENCONG TAHUN AJARAN 2018/2019

Indah, Fitrianingsih (2019) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS III MI RAUDHATUSSIBYAN NW BELENCONG TAHUN AJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran Al-Qur’an hadist memiliki peranan yang penting dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan hadist sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan penelitian yaitu; (1) mendeskripsikan formulasi strategi yang dibuat guru Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 3b Raudhatussibyan NW Belencong, (1) mendiskripsikan implementasi strategi guru Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 3b MI Raudhatussibyan NW Belencong. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian pedagogis, sosiologis dan psikologis.Teknik pengumpulan data yaitu; (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumen dengan analisis data yaitu; (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) adapun formulasi strategi yang dibuat guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MI Raudhatussibyan NW Belencong adalah sebagai berikut: (a) Persiapan yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an Hadist sebelum masuk kelas, (b) strategi yang digunakan guru Al-Qur’an Hadits adalah strategi pembelajaran expository dan strategi pembelajaran inquiry, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru dan juga siswa (b) metode yang dipilih oleh guru Al-Qur’an Hadis adalah metode ceramah, Tanya jawab, dan demonstrasi, (c) Media pembelajaran yang digunakan adalah media visual berupa tulisan ayat-ayat Al-Qur’an. (2) sedangkan implementasi strategi guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa kelas 3b MI Raudhatussibyan NW Belencong yaitu Implementasi strategi guru Al-Qur’an hadist dalam pembelajaran Al-Qur’an hadist sudah cukup lancar. Hal ini dikarenakan sebelum guru melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas, guru mengadakan persiapan terlebih dahulu yang meliputi menetapkan tujuan pembelajaran, pemilihan materi, metode, media dan strategi pembelajarn dengan hasil yang sangat baik yaitu dari 15 orang siswa terdapat 6 orang yang kategori baik sedangkan terdapat 7 orang yang kurang baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerMuh, Musfiatul WardiUNSPECIFIED
ReviewerMustapa Ali, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > 901 Filsafat dan Teori Sejarah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:36
Last Modified: 26 Nov 2019 06:36
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item