MOHAMAD, ARIS ARFANDI (2022) ANALISA PENGARUH BEBAN KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA RUAS JALAN SILA – BAJO KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER - BAB III BARU.pdf Download (9MB) |
|
Text
02 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V- LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
|
Text (similarity check)
M. ARIS ARFANDI PLAGIASI FIX.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah di bawah permukaan tanah dan atau air, serta di atas permukaan air. Pada dasarnya jalan akan mengalami penurunan kualitas strukturalnya sesuai bertambahnya umur jalan,apalagi jika dilalui oleh kendaraan dengan muatan berat dan cenderung melebihi ketentuan Jalan raya.Keberadaan ruas jalan Sila – Bajo yang merupakan aksen jalan dalam pendisribusian hasil pertanian seperti jagung,bawang dan padi sehingga mempermudah masyarakat sekitar dalam mendistribusikan haslil pertaniannya yang smakin meningkat. Metode penelitian yang digunakan ini untuk menghitung sisa umur rencana jalan ini adalah mengacu pada metode AAHS0 1993.penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui dampak akibat kendaraan yang overload apakah akan mempengaruhi sisa umur perencanaan jalandengan menganalisis beban kendaraan yang melintas di ruas jalan Sila – Bajo. Setelah dilakukan penelitian,perhitungan dan analisa seperti yang telah diuraikan diatas tentang pengaruh muatan berlebih terhadap umur rencana ,maka dapat disimpulkan bahwa Angka ekivalen atau Vehicle Damage Factor (VDF) pada beban muatan normal selama umur rencana 10 tahun yaitu 323506.6358 ESAL sedangkan untuk angka ekivalen pada beban muatan berlebih selama umur rencana ruas jalan Sila-Bajo 10 tahun yaitu 559491.0423 ESAL. Dampak dari beban muatan berlebih yang melintas pada ruas jalan Sila-Bajo tersebut mengakibatkan penurunan umur rencana jalan,berdasarkan metode AAHSTO 1993 penurunan Umur rencana yang terjadi selama umur rencana adalah sebesar 23.41 % atau terjadi penurunan rencana sebesar 2 Tahun 3 Bulan dari 10 tahun umur rencana jalan tersebut. Sehingga persentase peningkatan VDF kumulatif akibat beban muatan berlebih adalah sebesar 72.945 %.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Mohamad Arif Arfandi | |||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2022 06:08 | |||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2022 06:08 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6089 |
Actions (login required)
View Item |