Rudi Hardianto, Donumo (2019) PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN (TPA) RAUDATUL ABROR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI LINGKUNGAN ARONG-AROG BARAT KELURAHAN DASAN AGUNG KOTA MATARAM. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) adalah suatu lembaga pendidikan non formal yang berupaya mendidik anak-anak dari usia 4-12 atau usia ketika anak masih dalam sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) dalam membaca, memahami, serta mengamalkan Al-Qur’an. Mengajarkan Al-Qur’an kepada anak sejak kecil lebih baik, dikarnakan seorang anak harus didik sejak sedini mungkin untuk mengenal dan mendalami ilmu agama agar kelak menjadi anak yg berguna serta berbakti kepada orang tua selebihnya kepada Nusa dan Bangsa. Sebelum diselenggarakan TPA Raudatul Abror di lingkungan Arong-Arong Barat Dasan Agung ini, dilihat dari banyak karakter anak yang muaranya pada hal yang eforia serta kurangnya perhatian orang tua dalam mendidik anaknya dalam mengenal nilai-nilai religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Raudatul Abror dalam pembentukan karakter anak dan apa kendala yang dihadapi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Raudatul Abror dalam pembentukan karakter anak di lingkungan Arong-Arong Barat Kelurahan Dasan Agung Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data primer diperoleh melalui hasil wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen-dokumen dan informasi lain yang terkait dengan penelitian. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek peneliti adalah kepala pendiri TPA Raudatul Abror dan orang tua santri. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran TPA Raudatul Abror yang juga bekerjasama dengan orang tua selain selain peranannya mengajarkan anak-anak membaca Al-Qur’an juga memberikan nilai-nilai religius lainnya. orang tua berperan penting disini maka akhlak anak dinilai positif. Dengan kerjasama yang baik pembina/pengajar TPA dan orang tua santri serta masyarakat dan pemerintah maka akan tercipta karakter anak yang berakhlak mulia, dan disini juga TPA Raudatul Abror juga melakukan upaya-upaya pembinaan akhlak anak yang dapat membantu semangat dan mendorong pembinaan yang lebih kreatif dan inovatif. Kata Kunci : Peran, Karakter
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Repository Institusi UMMAT | |||||||||
Subjects: | 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan | |||||||||
Depositing User: | Feni Silfana Dewi | |||||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2019 05:14 | |||||||||
Last Modified: | 12 Dec 2019 05:14 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/571 |
Actions (login required)
View Item |