DADANG, KUSNADI (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ENSIKLOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN SORI TALOKO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
SIIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis ensiklopedia bagi siswa SD. Metode penelitian menggunakan metode R&D (Reearch and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian dilakukan di SDN Sori Taloko. Sampel penelitian digunakan kelas V sebanyak 28 siswa. Sebelum digunakan, modul berbasis ensiklopedia terlebih dahulu diuji kevalidan dan proses pelaksanaannya. Analisis data menggunakan n-gain untuk menganalisis pengaruh penggunaan modul terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian kevalidan modul oleh ahli media sebesar 88,4% (sangat valid), ahli materi sebesar 87,5% (sangat valid) dan ahli bahasa sebesar 87,5% (sangat valid). Hasil penilaian kepraktisan ditinjau dari respon siswa menunjukkan nilai 80,9% (sangat praktis). Hasil uji keefektifan menggunakan n-gain diperoleh nilai sebesar 0,754 atau 75,4%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa modul ajar berbasis ensiklopedia efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa SDN Sori Taloko.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul Ensiklopedia, Hasil Belajar | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Dadang Kusnadi | |||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2022 03:37 | |||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2022 03:37 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5629 |
Actions (login required)
View Item |