KOPERTINO, MEGA (2022) PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI LAYANAN PENGELOLAAN PENGADUAN BERBASIS LAPOR (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Mataram). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (COVER-BAB III)
01 COVER - BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V-LAMPIRAN)
03 BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (618kB) |
|
Text (SIMILARITY CHECK)
Kopertino Mega.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja instansi pemerintahan salah satunya dilihat dari pelayanan publik yang diberikan di tingkat daerah hingga pusat. Pelayanan yang diberikan dalam pelaksanaan pemerintahan disebut optimal apabila berlandaskan pada kebutuhan masyarakat publik. Ditinjau berdasarkan segi pemerintahan, didefinisikan pelayanan sebagai aktivitas memenuhi keperluan masyarakat berkaitan dengan pemenuhan hak dasar seperti layanan jasa. Pendekatan secara kualitatif berjenis deskriptif diterapkan peneliti guna menjelaskan mengenai pelayanan publik melalui LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat). Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling diantaranya mencakup Kepala bidang informasi dan komunikasi, admin aplikasi LAPOR, para pengguna aplikasi LAPOR. Observasi, wawancara serta dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data, kemudian dilakukan reduksi, penyajian hingga konklusi. Dari hasil riset menggambarkan adanya analisis Peningkatan pelayanan publik menggunakan indikator yang terdiri dari Pelayanan pengelolaan pengaduan berbasis LAPOR , mekanisme pengelolaan pengaduan berbasis LAPOR, kendala dan solusi pengelolaan pengaduan berbasis LAPOR. Seluruhnya telah berjalan optimal terkecuali terhadap indikator mekanisme pengelolaan pengaduan berbasis LAPOR yang harus terus dikembangkan. Khususnya terkait media komunikasi. Sebagai pendukungnya yaitu komunikasi internal, sistem pendukung serta SDM. Akan tetapi kekurangannya adalah sering terjadi error pada aplikasi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Pelayanan dan Publik | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Politik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Kopertino Mega | |||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2022 06:59 | |||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2022 06:59 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5215 |
Actions (login required)
View Item |