SITI HAPSA, SIBALA (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LERNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VII MTs NURUL JANNAH AMPENAN KOTA MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III_SITI HAPSA SIBALA_NIM 118130008_PPKn_PERPUSTAKAAN.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV_SITI HAPSA SIBALA_NIM 118130008_PPKn_PERPUSTAKAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN_SITI HAPSA SIBALA_NIM 118130008_PPKn_PERPUSTAKAAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (SIMILARITY CHECK)
1 SITI HAPSA SIBALA.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa Kelas VIIA MTs. Nurul Jannah Ampenan Kota Mataram. Metode Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Penelitian eksperimen bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian, untuk memprediksikan kejadian atau peristiwa di dalam latar eksperimen, untuk menarik generalisasi hubungan-hubungan atau variable-variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Nurul Jannah Ampenan Kota Mataram dengan sampel siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang diajar dengan tidak menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) yang berjumlah keseluruhan 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar memiliki nilai rata-rata 95 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi sebesar 92,45 Sedangkan kelas kontrol siswa yang tidak diajar dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) memiliki nilai rata-rata 55,5 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi sebesar 62,8 Terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar. Dari hasil analisis inferensial juga diperoleh bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000< 0,05. Dengan demikian, Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Maka, dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang meningkat.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Prestasi Belajar dan Hasil Belajar | |||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Siti Hapsa Sibala | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 01:31 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 01:31 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5168 |
Actions (login required)
View Item |