PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI BERKARAKTER ISLAMI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS III MI AN-NAJAH SESELA GUNUNG SARI LOMBOK BARAT

Annisa, Annisa (2019) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI BERKARAKTER ISLAMI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS III MI AN-NAJAH SESELA GUNUNG SARI LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V- LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai berkarakter islami pada mata pelajaran akidah akhlak untuk siswa kelas III MI An-Najah Sesela Gunung Sari Lombok Barat, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menginternalisasikan nilai-nilai berkarakter islami pada peserta didik. Jenis penelitiian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan data yaitu: (1) metode observasi (2) metode wawancara, (3)metode dokumentasi. Adapun analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu pengumpulan data berupa kata-kata, gambar, yang mana data tersebut berasal dari naskah, wawancara, catatan lapangan, foto dan lain-lain. Hasil penelitiani ini menunjukan bahwa (1) Peran guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai yang berkarakter islami pada mata pelajaran akidah akhlak adalah seseorang yang memiliki tugas untuk memberikan mata pelajaran akidah akhlak baik di dalam kelas maupun luar kelas.Guru memegang ketekunan dan peranan yang strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai karakter, (2) faktor pendukung yaitu mendorong peserta didik untuk dapat mempelajari nilai-nilai yang berkarakter islami seperti untuk hafalan juz 30 atau juz amma dari kelas I, II, III, IV, V, dan VI seperti sholat dhuha berjama’ah,(3) faktor yang menghambat yaitu Kurangnya keseimbangan antara lingkungan madarasah, keluarga dan lingkungan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, dan (4) Upaya guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai yang berkarakter islami mempunyai peranan penting, meskipun dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh pihak Madrasah. Selain kerja sama dengan pihak Madrasah juga bekerja sama dengan orang tua atau wali dari siswa untuk sama-sama mengawasi, mengarahkan, membina, dan membimbing anaknya jika berada di rumah atau berada diluar Madrasah. Kata kunci: Peran Guru, Menginternalisasikan Nilai-Nilai, Berkarakter Islami, Pembelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAbdul, WahabUNSPECIFIED
ReviewerMustafa, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 601 Filsafat dan Teori tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 26 Nov 2019 03:31
Last Modified: 30 Nov 2019 02:05
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item