PENERAPAN KEGIATAN IMTAQ SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN NILAIMORAL DAN SIKAP RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 LEMBAR

Siti, Hajar (2019) PENERAPAN KEGIATAN IMTAQ SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN NILAIMORAL DAN SIKAP RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 LEMBAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SITI HAJAR_NIM 11513A0019_PRODI PPKn.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan salah satunya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan dapat dilakukan dengan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, , kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Di SMPN 1 Lembar guru maupun staf, banyak mengeluh dengan sikap anak-anak yang tidak berperilaku baik di sekolah serta kurangnya siswa dalam menghargai guru. Salah satu penyebab kurangnya moral siswa di SMPN 1 Lembar saat ini adalah peranan gadget (HP) dan kurangnya interaksi antara anak, orang tua maupun guru. Melaui penerapan kegiatan iman dan taqwa (imtaq) dapat menjadikan siswa dan siswi lebih meningkatkan iman kepada Allah SWT dan menjadi peneguh karakter pribadi seseorang guna menjaga nilai moral di tengah era-globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penerapan kegiatan imtaq sebagai sarana menumbuhkan nilai moral dan sikap religius peserta didikdi SMPN 1 Lembar, apa dampak kegiatan imtaq dalam menumbuhkan nilai moral dan sikap religius siswa di SMPN 1 Lembar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, tehnik penentuan subyek menggunkan purposive sampling dan snowball sampling, jenis data yang digunakan data kualitatif, sumber data terdiri dari data sekunder dan data primer, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa, pertama, penerapan kegiatan imtaq sebagai saran menumbuhkan nilai moral dan sikap religius siswa adalah melalui: pembentukan sikap religius, kegiatan yasinan bersama, dan pemberian arahan atau sekaligus kultum. Kedua, dampak positif dalam menumbuhkan nilai moral peserta didik di SMPN 1 Lembar diantaranya: (1) siswa mampu berperilaku sopan dan santun terhadap guru maupun antar peserta didik (2) Saling menghormati antara siswa yang beda agama (3) Saling menghargai dan taat terhadap aturan sekolah, dan (4) Peduli dan mau saling tolong-menolong. Sedangkan dampak positif dalam sikap religius siswa SMPN 1 Lembar diantaranya, Aqidah, Ibadah, Akhlak yang menjadi pedoman perilaku siswa, untuk mencapai kebahagian hidup di dunia maupun diakhirat. Kata Kunci : Penerapan Kegiatan Imtaq, Nilai Moral, Sikap Religius Siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerSr i, RejekiUNSPECIFIED
ReviewerZedi, MuttaqienUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 601 Filsafat dan Teori tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:53
Last Modified: 18 Nov 2019 02:49
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5

Actions (login required)

View Item View Item