Ansari, Ansari (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 38 MATARAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III_ANSARI_NIM 118180064_PGSD.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV_ANSARI_NIM 118180064_PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN_ANSARI_NIM 118180064_PGSD.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
43% PENGARUH_PEMBELAJARAN_DARING_TERHADAP_MINAT_BELAJA (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran dengan adanya virus Covid-19 ini membuat proses pembelajaran menjadi berubah dari yang tatap muka menjadi Pembelajaran jarak jauh, tetapi dalam keadaan seperti ini guru masih tetap harus melaksanakan kewajibannya sebagai pengajar, dimana guru harus memastikan siswa dapat memperoleh informasi/ilmu pengetahuan untuk diberikan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa di SDN 38 Mataram pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 40 siswa terdiri dari kelas V A 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan V B 20 siswa sebagai kelas kontrol, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, test dan dokumentasi. Uji coba instrument yang diguunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, dan uji tingkat, sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen sample t-test. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa di SDN 38 Mataram pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2021/2022. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai ≥ (4.712≥ 2,024), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ha diterima.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Minat Belajar | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | ANSARI ANSARI | |||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2022 06:03 | |||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2022 06:03 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4993 |
Actions (login required)
View Item |