PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 BUWUN SEJATI

WINDI, LESTARI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 BUWUN SEJATI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
39%PENGEMBANGAN_MODUL_PEMBELAJARAN_BERBASIS_CONTEXTUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Pengembangan modul pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Buwun Sejati yang Valid, Praktis Dan Efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dan menggunakan Model Pengembangan 4D Yaitu (1) Define (Pendefisian), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Dessminate (Penyebaran). Pada Penelitian Pengembangan ini tidak sampai pada tahap Dessminate (Penyebaran), karna dilakukan hanya pada satu sekolah saja yaitu SDN 2 Buwun Sejati. Pada Penelitian Pengembangan ini uji terbatas dilaksanakan di kelas VA dan tahap uji lapangan dilaksanakan di kelas VB SDN 2 Buwun sejati sebagai uji kepraktisan dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk Perangkat Pembelajaranseperti : (1) Modul Contextual Teaching and Learning (CTL) berdasarkan ahli validasi maka dapat diperoleh presentasi rata-rata ”85,7%" sehingga modul Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikembangkan ini dapat dikatakan sangat valid. (2) Pengembanagan modul Contextual Teaching and Learning (CTL) berdasarkan angket respon siswa diperoleh presentase sebesar ”81,08" sehingga modul Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikembangkan ini dapat dikatakan sangat praktis. (3) Pengembangan modul Contextual Teaching and Learning (CTL) berdasarkan hasil ketuntasan siswa dapat diperoleh presentase sebesar ”0,75 %" sehingga modul dapat dikatakan sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorNURSINASARI, NURSINASARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Modul, Contextual teaching and Learning (CTL), Pecahan, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: WINDI LESTARI
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:31
Last Modified: 18 Mar 2022 02:31
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item