PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR APLIKATIF SISWA PADA MATERISUHU DAN KALOR KELAS V SDN 2 KURANJI MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

ANATUL, FITRIA (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR APLIKATIF SISWA PADA MATERISUHU DAN KALOR KELAS V SDN 2 KURANJI MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text (similarity check)
30% PENGEMBANGAN_MODUL_BERBASIS_MODEL_SAINS_TEKNOLOGI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran berbasis model STM terhadap berpikir aplikatif siswa pada materi suhu dan kalor kelas V SDN 2 Kuranji. Pengembangan modul pembelajaran merupakan suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri, dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah dan siswa mampu mengaitkan materi sebelumnya dengan materi baru. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 subjek, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada kelas VI SDN 2 Kuranji yang berjumlah 7 orang, (2) subjek uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas V SDN 2 Kuranji yang berjumlah 12 orang. Metode penelitian yang digunakan penelitian dalah metode pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian 4D adalah tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Hasil penilaian adalah penilaian dari 2 validator media dan 3 validator materi maka memperoleh presentasi 96,584% dikategorikan sangat valid, penilaian dari hasil angket respon siswa uji terbatas maka memperoleh nilai 90,86% dikategorikan praktis, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba lapangan maka memperoleh nilai 95,24% dikategorikan praktis, dan dari hasil obsevasi maka memperoleh persentasi yaitu 100% dikategorikan sangat baik, dan penilaian dari hasil preetest dan posttest kemampuan berpikir aplikatif siswa maka memperoleh persentasi 54,39% dalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Berbasis Model STM, BerpikirAplikatif.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ANATUL FITRIA
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:54
Last Modified: 17 Mar 2022 07:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4927

Actions (login required)

View Item View Item