SAMSUL, RIJAL (2022) EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL STUDI KASUS: SIMPANG EMPAT PAOK MOTONG MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
cover-bab 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (88MB) |
|
Text
Similarity CHeck.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Persimpangan merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan kapasitas dan waktu perjalanan pada suatu ruas jalan, Perkembangan transportasi di Kabupaten Lombok Timur berdampak pada meningkatnya pergerakan manusia, barang, dan jasa. bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak diimbangi dengan prasarana akan menimbulkan konflik pada ruas jalan khususnya pada simpang empat Paok Motong Masbagik, untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu melakukan pengkajian atau penelitian lebih lanjut. Penelitian ini dilakukan pada simpang empat Paok Motong Masbagik selama tiga hari yang bertujuan untuk mengetahui volume lalu lintas, dimana volume lalu lintas pada jam puncaknya berada pada hari senin jam 17.00-18.00 WITA (Qtot) sebesar 2703,4 smp/jam yang mengacu pada MKJI 1997. Hasil penelitian dan pembahasan pada simpang empat Paok Motong Masbagik didapatkan lebar rata-rata pendekat (WI) 3,36 meter, jumlah volume arus lalu lintas (Qtot) 2703,4 smp/jam, Kapasitas sebenarnya (C) 3019,89 smp/jam, Nilai Derajat Kejenuhan (DS) 0,895, Tundaan lalu lintas simpang (DT1) 11,276 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) 8,158 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) 16,554 det/smp, Tundaan geometrik simpang (DG) 4,024 det/smp, Tundaan simpang (D) 15,300 det/smp dan peluang antrian (QP) batas atas sebesar 72,099%. dan batas bawah sebesar 33,784%, dan tingkat pelayanan jalan tipe E dimana Lalu lintas mulai macet, kecepatan rendah. sehingga untuk DS lebih besar dari 0,75 maka di simpang empat Paok Motong Masbagik perlu dipasang lampu lalu lintas atau Traffic Light sesuai persyaratan dari pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI).
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | SAMSUL RIJAL | |||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2022 07:19 | |||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2022 07:19 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4919 |
Actions (login required)
View Item |