HERI, KUSUMA BUDI RIZKI (2022) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL STUDI KASUS: SIMPANG BUNG HATTA – PANCA USAHA KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
01 BAB I-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text
03 BAB V LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (similarity check)
48% EVALUASI_KINERJA_SIMPANG__BERSINYAL_STUDI_KASUS__S.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Persimpangan merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan kapasitas dan waktu perjalanan pada suatu ruas jalan. Perkembangan transportasi di kota Mataram berdampak pada meningkatnya pergerakan manusia, barang, dan jasa. Hal ini juga sangat menuntut meningkatnya sarana dan prasarana transportasi di Kota Mataram. Bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak diimbangi dengan prasarana akan menimbulkan konflik pada ruas jalan khususnya pada simpang empat Bung Hatta- Panca Usaha. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu melakukan pengkajian atau penelitian lebih lanjut. Pada penelitian ini, analisa perhitungan kinerja simpang menggunakan pedoman (MKJI) 1997. Survey dilakukan pada hari senin tanggal 6 Desember 2021 dan hari kamis tanggal 9 Desember, 2021, dan pada hari sabtu tgl 11 Desember 2021. kemudian dicari jam puncak pada volume arus kendaraan yang melintasi kedua simpang tersebut. Volume jam puncak tertinggi antara hari sabtu dan senin akan digunakan untuk perhitungan kinerja simpang kondisi eksisting. selanjutnya membuat perencanaan waktu siklus baru untuk simpang tersebut. Hasil analisa pada penelitian ini, dari hasil survey, dengan mencari waktu siklus baru untuk mengurangi panjang antrian dan tundaan (Delay) . Waktu siklus baru yang di dapatkan untuk mengurangi panjang antrian dan tundaan untuk kedua simpang sebesar 57,2 detik. Perbandingan kondisi eksisting dengan waktu siklus rata-rata panjang antrian dan tundaan, Untuk kondisi eksisting panjang antrian (QL) = 60,61 meter dan tundaan (Delay) rata – rata sebesar = 38,34 detik. Sedangkan setelah perencanaan waktu siklus baru panjang antrian berkurang menjadi (QL) = 42,42 meter dan waktu tundaan berkurang menjadi ( Delay) = 27,60 detik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Simpang Bersinyal, Kinerja Simpang, MKJI 1997, Waktu Siklus, Panjang Antrian. | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Heri Kusuma Budi Rizki | |||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2022 08:06 | |||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2022 08:06 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4734 |
Actions (login required)
View Item |