LIZA, VIVIANA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BLOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 1 GONDANG TAHUN AJARAN 202/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
Cover-Bab III.pdf Download (924kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text (similarity check)
36% PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_PAPAN_BLOK_UNTUK_M.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran merupakan suatu sarana yang mempunyai fungsi untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada siswa kelas V SDN 1 Gondang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui cara pengembangan media pembelajaran papan blok untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi pecahan untuk siswa kelas V SDN 1 Gondang. (2) Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran papan blok pada materi pecahan untuk siswa kelas V SDN 1 Gondang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model Borg and Gall (Penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan, pengembangan draft produk awal, uji coba awal lapangan, merevisi hasil uji coba, uji lapangan utama, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji coba lapangan operasional/empiris, penyempurnaan produk, desiminasi dan implemetasi), namun peneliti hanya sampai pada tahap penyempurnaan produk. Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk media pembelajaran yang telah dinyatakan sangat valid dan valid oleh ahli desain media, ahli materi dan praktisi pembelajaran.Hasil dari kevalidan dan kepraktisan persentase yang di dapat dari ahli media dengan persentase 94,03% atau dapat dikategorikan sangat valid sedangkan ahli materi dalam pemerolehan nilai persentasenya adalah 79,9% atau dapat dikategorikan valid.Sedangkan berdasarkan uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil respon siswa SDN 1 Gondang kelas VI mendapatkan nilai persentasi 87,85% dengan kriteria skor sangat praktis dan untuk tingkat keefektikannya dapat dilihat dari hasil tes siswa kelas V dengan hasil 78,2% dengan kriteria efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Papan Blok, Pemahaman Konsep . | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | LIZA VIVIANA | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2022 07:48 | |||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2022 07:48 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4645 |
Actions (login required)
View Item |