RAHMATULLAH, RAHMATULLAH (2022) PENGEMBANGAN KAPASITAS APARATUR DESA DALAM OPTIMALISASI PENYELENGGARAAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (STUDI KASUS PADA DESA SENAYAN KECAMATAN POTO TANO KABUPATEN SUMBAWA BARAT). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
skripsi 1-3.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text (similarity check)
28% PENGEMBANGAN_KAPASITAS_APARATUR_DESA_DALAM_OPTIMAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Dalam Optimalisasi Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Kasus Pada Desa Senayan Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat). Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriftif, dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan informan dalam penelitian ini, Kepala Desa Senayan, Sekdes Senayan, Staf Desa Senayan, Ketua BPD, Masyarakat Desa Senayan. Hasil penelitian menujukan bahwa Pengembangan Kapasitas Aparatu desa Dalam Optimalisasi Penyelenggaraan pelayanan Admnistrasi Kependudukan dalam variabel Keterampilan, Kemampuan dan Pengelompkan Kerja Aparatur Desa sudah cukup baik dan sudah sesuai dengan SOP yang berlaku walaupun masih belum optimal trutama dalam keterampilan membuat dan mengganti papan syarat pembuatan KTP, KK serta papan data penduduk masyarakat desa Senayan, dan tidak adanya Peta Desa Atau Slogan Lainnya, dan dalam pembuatan absen kehadiran perangkat Desapun tidak diterapkan dengan baik, sehingga memudahkan untuk seluruh dari Aparatur Desa Tersebut membuat kesalahan dengan dating terlambat dan Pulang tidak sesuai dengan jam kerja. Dalam hal ini pula dijelaskan bahwa variabel etika yang kurang baik dan kurang mampu memberikan pelayanan administrasi kependudukan terhadap masyarakat yang membutuhkan terutama tidak adanya absen yang mengontrol mereka untuk datang dan pulang tepat waktu dan dalam memberikan pelayananpun tidak begitu ramah sehingga dalam Keterampila juga aparatur desa Senayan dalam melaksanakan tugasnya ketika ada masyarakat yang akan membuat semacam surat menyurat, pembuatan KTP, KK tidak lansung dibuatkan namun masih menunda-nunda atau ditumpuk, sehingga pekerjaan yang sehari menjadi beberapa hari dalam peneyelesainya dan mengakibatkan pekerjaannya kurang optimal.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembagan Kapasitas, Aparatur Desa, Administrasi Kependudukan | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | RAHMATULLAH RAHMATULLAH | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2022 04:14 | |||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2022 04:14 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4508 |
Actions (login required)
View Item |