IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS III DI SDN 10 POHGADING

LESTARI, WIJAYANTI (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS III DI SDN 10 POHGADING. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
47% IMPLEMENTASI_PROGRAM_GERAKAN_LITERASI_SEKOLAH_UNTU (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas III SDN 10 Pohgading, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan implementasi program gerakan literasi sekolah pada siswa kelas III SDN 10 Pohgading. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SDN 10 Pohgading, data dikumpulkan dengan menggunakan tringulasi yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang paling dasar ditunjukkan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang alamiah ataupun rekayasa manusia, sedangkan penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cendrung menggunakan analisa proses dan makna yang lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan GLS sudah diterapkan sejak tahun 2015. Implementasi pada tahap pembiasaan di SDN 10 Pohgading yaitu membaca buku pelajaran dan non pelajaran selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran. Selain itu, biasanya guru juga menganjurkan siswa untuk meluangkan waktunya membaca buku diperpustakaan diwaktu istirahat. Adapun faktor pendukungnya pada umumnya berkaitan dengan kesadaran warga sekolah terhadap pentingnya budaya literasi, fasilitas fisik yang memadai seperti, koleksi buku bacaan, perpustakaan mini dan pojok baca. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan ini yaitu sekolah belum mempunyai ruangan khusus untuk perpustakaan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Literasi Sekolah, Minat Baca, Implementasi.
Subjects: 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: LESTARI WIJAYANTI
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:33
Last Modified: 24 Feb 2022 03:33
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4290

Actions (login required)

View Item View Item