NURSAHRAIN, NURSAHRAIN (2022) ANALYZING THE EFFECT OF COVID-19 ON THE STUDENTS INTENSITY AND ACHIEVEMENT OF LEARNING IN THE FIFTH SEMESTER AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Wabah COVID-19 di Indonesia sejak Maret 2020 berdampak pada dunia pendidikan. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh COVID-19 terhadap intensitas dan prestasi belajar mahasiswa semester lima Universitas Muhammadiyah Mataram tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan teknik kuantitatif-kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester lima Universitas Muhammadiyah Mataram sebanyak 22 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS versi 22.0 untuk hasil uji validasi instrumen soal reading 2 dengan hasil Rhitung 0,629 > rtabel 0,388 pada 25 item dinyatakan valid dan hasil uji validasi angket rhitung 0,504 > rtabel 0,432 pada 10 item angket dinyatakan valid. Uji reliabilitas untuk instrumen angket dengan hasil Cronbach's Alpha = 0,849 dari 10 item variabel, sehingga angket ini reliabel kemudian uji reliabilitas dengan Cronbach's Alpha = 0,936 dari 25 item variabel. Nilai reliabilitas 0,936 soal ini reliabel. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh data sebanyak 17 siswa yang mengalami penurunan intensitas belajar selama masa pandemi, 5 siswa lainnya intensitas belajarnya tetap sama. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 8 mahasiswa (36,4%) antusias mengikuti perkuliahan online dan 14 mahasiswa (63,6%) mengalami kesulitan berinteraksi selama perkuliahan online serta index prestasi sebelum COVID-19 dengan skor rata-rata 68,6 tergolong kategori baik dan index prestasi setelah COVID-19 dengan skor rata-rata 44,6 tergolong kategori kurang, hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh signifikan COVID-19 terhadap intensitas dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, intensitas siswa, prestasi belajar | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan 400 Bahasa > 425 Tata Bahasa Inggris |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | NURSAHRAIN NURSAHRAIN | |||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2022 06:19 | |||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2022 06:19 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4271 |
Actions (login required)
View Item |