Fadlullah, Fakhir (2019) PERAN GURU UNTUK MENGEMBANGKAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NW JOHAR PELITA DESA JATISELA KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fadlullah Fakhir 2019. Peran Guru Untuk Mengembangkan Tahfidzul Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah NW Johar Pelita Desa Jatisela Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat 2019. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.Universitas Muhammadiyah Mataram. Pembimbing(1)M. Muswiatul Wardi M.pd.I, Pembimbing (2)Mardiyah Hayati, M.Pd.I Ada satu hal yang berbeda yang peneliti temui di MI NW Johar Pelita yaitu sejak di laksanakannya program Tahfidzul Qur’an, peneliti melihat banyak masyarakat yang berbondong-bondong memasukan anaknya di madrasah tersebut. oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengembangan Tahfidzu Qur’an di MI NW Johar Pelita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dan Peran guru dalam mengembangkan program Tahfidzul Qur’an di MI NW Johar Pelita dan apa saja yang menjadi kendala dalam pengembangan Tahfidzul Qur’an di MI NW Johar Pelita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Tahapan penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa MI NW Johar Pelita sudah melaksanakan berbagaimacam kegiatan tahfidzul Qur’an seperti kegiatan Morning Qur’an dan uji publik. Adapun metode yang digunakan adalah metode talaqqi. Tujuan metode ini adalah untuk memudahkan dan menguatkan hafalan siswa. Talaqqi dari segi bahasa yaitu belajar secara berhadapan dengan guru. keumggulan dari metode talaqqi ini yaitu anak dapat melihat langsung gerakan bibir pendidik dalam mengucapkan makhorijul huruf. Kata Kunci: Peran Guru Dan Tahfidzul Qur,an
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Repository Institusi UMMAT | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Ridwan Ridwan | |||||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2019 03:41 | |||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2019 03:41 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/418 |
Actions (login required)
View Item |