PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR BUDAYA NTB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 8 SDN 20 AMPENAN

ELLY, ISLAMIATI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR BUDAYA NTB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 8 SDN 20 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB-3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB-5-LAMPIRAN.pdf

Download (852kB)
[img] Text
34% PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_MINIATUR_BUDAYA_NT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media ini, digunakan untuk mempelajari tentang keberagaman budaya dari provinsi yang ada di NTB, Media ini bersifat 3 dimensi, Rumah adat dan pakaian adat yang bersifat 3 dimensi, Tarian tradisional dan music tradisional berwujud vidio/audio yang disajikan, sehinggah memudahkan siswa dalam memahami dan sangat termotivasi dengan adanya media Miniatur Budaya NTB, dengan tujuan pengembangan mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangan media pembelajaran Miniatur Budaya NTB untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V tema 8 SDN 20 Ampenan. Penelitian ini termaksud penelitian pengembangan (Development research) pengembangan media pembelajaran Miniatur Budaya NTB yang dari Borg and Gall dengan instrument pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data untuk ahli validasi media dan materi, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan media. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media pembelajaran miniatur budaya NTB yang dikembangkan, diperoleh data dari 2 validator ahli media dengan persentase 93,75 pada kategori sangat valid dan 2 validator ahli materi dengan persentase 94,81 pada kategori sangat valid, (2) Media pembelajaran miniatur budaya NTB berdasarkan hasil angket respon siswa diperoleh data persentase dari respon siswa uji lapangan di kelas V SDN 20 Ampenan, dengan persentase 96% pada kategori sangat praktis. Selain itu dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan diperoleh data yaitu 92,10% pada kategori sangat terlaksana. Dengan demikian media pembelajaran miniatur budaya NTB yang dikembangkan Praktis (3) Keefektifan media pembelajaran miniatur budaya NTB dilihat dari hasil siswa mengerjakan angket motivasi dan diperoleh data hasil uji lapangan di kelas V SDN 20 Ampenan, dengan persetase rata-rata nilai siswa dengan nilai N Gain 75,13 dengan kriteria dalam kategori Efektif. Sehingga dengan demikian dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 20 Ampenan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNanang, Rahmannidn0824048301
Thesis advisorSukron, Fujiaturrahmannidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Miniatur Budaya NTB, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ELLY ISLAMIATI
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:28
Last Modified: 30 Dec 2021 02:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item