PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION(RME) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 BATU KUMBUNG

ARPIATUN, ARPIATUN (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION(RME) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 BATU KUMBUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (similarity check)
27% PENGEMBANGAN_LEMBAR_KERJA_SISWA__LKS__BERBASIS_REA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan LKS pembelajaran merupakan suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam memahami pembelajarannya, lebih khusus pada siswa SD kelas IV pada materi bangun datar. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 subjek, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas V SDN 3 Batu Kumbung yang berjumlah 7 orang , (2) subjek uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas IV SDN 3 Batu Kumbung berjumlah 15 orang. Penelitian ini bertujuan “untuk mengembangkan LKS berbasis realistic mathematics education pada materi bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Batu Kumbung yang memenuhi criteria valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembanagn (R&D) dengan model penelitian 4D adalah tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembanagn (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Hasil penilaian adalah penilaian dari 2 validator ahli dan 2 dari validator praktisi pendidikan maka memperoleh persentase 89,3% dikategorikan sangat valid, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba terbatas maka memperoleh nilai 75% dikategorikan praktis, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba lapangan maka diperoleh nilai 88,7% dikategirikan praktis, dan penilaian dari hasil tes ketuntasan siswa maka diperoleh persentase 81,53%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
UNSPECIFIEDNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: LKS Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ARPIATUN ARPIATUN
Date Deposited: 24 Sep 2021 08:01
Last Modified: 24 Sep 2021 08:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3634

Actions (login required)

View Item View Item