PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRATCH BERBASIS PEMBELAJARAN PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK MELINGKAR KELAS X SMA NEGERI 1 DONGGO 2020/2021

JUNARDIN, JUNARDIN (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRATCH BERBASIS PEMBELAJARAN PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK MELINGKAR KELAS X SMA NEGERI 1 DONGGO 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (14MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V - Lampiran.pdf

Download (12MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
PENGARUH_MEDIA_PEMBELAJARAN_SCRATCH_BERBASIS_PEMBE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Scratch Berbasis Pembelajaran Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X SMA Negeri 1 Donggo 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design tipe pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang tersebar dalam 6 kelas yang 2 kelas menjadi sampel penelitian yaitu sebanyak 43 orang siswa dimana kelas X MIA 1 Ruangan 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 ruangan 3 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan terdiri dari uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Uji persyaratan analisis meliputi uji homogenitas dan uji normalitas, sedangkan uji hipotesis meliputi uji mann-whitney. Berdasarkan hasil uji persyaratan uji analisis dari tes awal (pretes) diperoleh nilai rerata kelas eksperimen 38,38 dan kelas kontrol 32,73. Berdasarkan uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran scratch lebih efektif secara signifikan daripada siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional, dimana rata-rata kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan media pembelajaran scratch sebesar 65,33 dengan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 66,67%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan model konvensional sebesar 59,27 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50,00%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ISNAINInidn0801048503
Thesis advisorISLAHUDIN, ISLAHUDINnidn0810108301
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Media pembelajaran scratch
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: JUNARDIN JUNARDIN
Date Deposited: 25 Sep 2021 03:37
Last Modified: 25 Sep 2021 03:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3560

Actions (login required)

View Item View Item