PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN TERKAIT KENAIKAN TAGIHAN LISTRIK DI LINGKUNGAN PT PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN (ULP) AMPENAN

LIA, MULIANA (2021) PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN TERKAIT KENAIKAN TAGIHAN LISTRIK DI LINGKUNGAN PT PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN (ULP) AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
1. COVER-BAB III.pdf

Download (671kB)
[img] Text
2. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
4. SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Proses penerbitan rekening listrik untuk kWh meter pascabayar (manual) masih sering menimbulkan terjadinya koreksi rekening listrik yang menyebabkan kenaikan tagihan listrik pada rekening konsumen. Secara sistem, kenaikan tagihan listrik ini merupakan terjadinya ketidaksesuaian stand pada sistem PLN dengan stand yang tertera di lokasi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sengketa apa yang terjadi dan bagaimana proses penyelesaian sengketa antara konsumen dengan PT PLN (Persero) ULP Ampenan apabila terjadi kenaikan tagihan listrik. Jenis penelitian yang digunakan adalah hukum normatif dan empiris dengan melakukan pendekatan perundang-undangan, konseptual serta studi kasus. (1) Wawancara, (2) Dokumentasi, (3) analisis data adalah teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Koreksi rekening listrik yang disebabkan karena kenaikan tagihan listrik diselesaikan dengan musyawarah mufakat kedua belah pihak, yaitu dengan ditekankan pada kebijakan angsuran yang diberikan kepada konsumen berdasarkan Keputusan Direksi (Kepdir) PT PLN (Persero) Nomor: 163-1.K/DIR/2012 Tentang Penyesuaian Rekening Pemakaian Tenaga Listri (PRPTL), dan (2) Kendala dalam penerbitan rekening listrik yang disebabkan dari dua sisi yaitu dari sisi PLN dengan kurangnya SDM dan dari sisi konsumen dengan kurangnya kesadaran dari konsumen dalam penggunaan kWh meter pascabayar, menyebabkan koreksi rekening listrik di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ampenan masih dikatakan tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYULIAS, ERWINnidn0808077701
Thesis advisorLELISARI, LELISARInidn0803128203
Uncontrolled Keywords: Koreksi Rekening Listrik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Lia Muliana
Date Deposited: 24 Sep 2021 05:54
Last Modified: 24 Sep 2021 05:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/3440

Actions (login required)

View Item View Item