PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1 BERBASIS DIRECT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN PAYI

ULFA, DAMAYANTI (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1 BERBASIS DIRECT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN PAYI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
Similarity Check (Hasil Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Mengembangkan modul pembelajaran tematik tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 sampai 3 berbasis direct intruction untuk meningkatkan Hasil belajar kelas II SDN Payi yang Valid,Praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dan menggunakan Model Pengembangan 4D yaitu (1) define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Dessminate (penyebaran). Pada penelitian pengembangan ini tidak sampai pada tahap Dessminate (penyebaran), karena dilakukan hanya pada satu sekolah saja yaitu SDN Payi. Pada penelitian pengembangan ini uji terbatas dilaksanakan di kelas III dan tahap uji keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa kevalidan produk modul pembelajaran tematik berhasil dikembangkan dengan hasil rata-rata validasi ahli materi 87,69 % yang di kategorikan “ sangat valid” dan ahli media 89,68% yang termasuk dalam kategori “sangat valid”sedangkan untuk terbatas memperoleh hasil rata-rata 87% di kategori “sangat praktis” dan untuk hasil uji lapangan menghasilkan jumlah skor rata-rata pretes 46 dan skor postes 88,33 yang menunjukan hasil belajar meningkat setelah menggunakan modul pembelajaran tematik, kemudian untuk n-gain skor memperoleh 0,754 yang termasuk dalam kategori tinggi, kemudian di kalikan 100% sehingga menghasilkan 75,4% yang dimana apabila di masukan ke dalam data kualitatif termasuk ke dalam criteria “efektif”. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh terhadap modul pembelajaran tematik yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran Tematik, Direct Intruction, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum > 027 Perpustakaan, Kearsipan, Pusat Informasi untuk Disiplin Ilmu secara Umum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ULFA DAMAYANTI
Date Deposited: 11 Sep 2021 22:55
Last Modified: 11 Sep 2021 22:55
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item View Item