PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PPKn BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 DI SMPN 12 ELAR KECAMATAN ELAR KABUPATEN MANGGARAI TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DEWI, YATI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PPKn BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 DI SMPN 12 ELAR KECAMATAN ELAR KABUPATEN MANGGARAI TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
SKRIPSI DEWIYATI BAB I-III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI DEWIYATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
SKRIPSI DEWIYATI BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
40% PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR_MATA_PELAJARAN_PPKn_BERBAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui jenis buku ajar apa saja yang cocok untuk pembelajaran PPKn kelas VIII semester 2 di SMPN 12 Elar, 2) Mengetahui jenis buku ajar apa saja yang dibutuhkan siswa untuk pembelajaran PPKn kelas VIII semester 2 di SMPN 12 Elar dan 3) Mengetahui langkah-langkah pengembangan buku ajar dalam model pembelajaran discoveri learning untuk mata pelajaran PPKn kelas VIII semester 2 di SMPN 12 Elar. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 di SMPN 12 Elar.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara.Penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan untuk menghasilkan suatu prototype produk bahan ajar yang mengacu pada hasil analisis kebutuhan, teori pengembangan, dan model pembelajaran discovery learning. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini setelah melalui ujicoba validasi ahli materi dan ahli bahasa pada tahap II, modul pembelajaran yang dikembangk n memperoleh skor rata-rata 88% dari ahli materi dan untuk ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 83,63% dari kedua penilaian validator diatas modul pembelajaran dikatakan “sangat layak” untuk digunakan,angket respon siswa. hal demikian juga dibuktikan dengan adanya respon peserta didik dan guru dalam uji skala kecil yang dilakukan pada 12 orang peserta didik memperoleh skor rata-rata 73,88% dan uji lapangan yang dilakukan pada 28 orang peserta didik 79,59%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorZEDI, MUTTAQIENnid0821128402
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PPKn Berbasis Discovery Learning
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan & Informasi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dewi Yati
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:17
Last Modified: 26 Aug 2021 06:17
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2708

Actions (login required)

View Item View Item