PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI SMAN 3 WOJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SUDIRMAN, SUDIRMAN (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI SMAN 3 WOJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
43% PENGARUH_MODEL_PROBLEM_BASED_LEARNING_TERHADAP_HAS (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upayah untuk menanamkan manusia dengan mengembangkan berbagai kekuatan dan potensi yang dimiliki siswa untuk dapat berguna bagi diri sendiri dan lingkungan. Tujuan pendidikan untuk menjadikan peserta didik, memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas IX SMAN 3 Woja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode penelitian quasi eksperiment dengan rancangan Pretest-PosttestWith Control Group (Non Equivalent Control Group Design). Lokasi penelitian di SMA Negeri 3 Woja, waktu penelitian terhitung mulai tanggal 3-27 februari 2021.Tekknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik dokumentasi.Variabel penelitian, variabel independen, variabel dependen.Instrumen penelitian, uji coba validitas, uji reliabelitas.Metodel analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel T test. Hasil penelitian dan pembahasannilai pretest (mean= 61,07) posttest (mean= 81,60) untuk kelompok kontrol modelkonvensionalnilai pretest (mean= 36,27)posttest (mean= 49,60) dengan menggunakan deskriptif statistik lebih besar nilai kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol.Uji kolmogorov-smirnovpretest-posttest kelompok eksperimen nilai signifikansi 0,200 > 0,05 untuk pretest-posttest kelompok kontrol nilai signifikansi 0,200> 0,05 berdistribusi normal. Uji homogenitas posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol nilai signifikansi mean (a) sebesar 0,019 > 0,05 adalah homogeny. Uji paired sampeltest pretest-posttest kelompok eksperimenmodel (PBL)pair 1 nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000 <0,05 kelompok kontrol model konvensional pretest-posttest pair 2 nilai signifikansi (2-tailed) 0,015 > 0,05. Berdasarkan output pair 1 bahwa ada pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMAEMUNAH, MAEMUNAHnidn0802056801
Thesis advisorKAMALUDDIN, KAMALUDDINnip195612311985031012
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SUDIRMAN SUDIRMAN
Date Deposited: 20 Aug 2021 06:15
Last Modified: 20 Aug 2021 06:15
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2637

Actions (login required)

View Item View Item