PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATERI BANGUN RUANG

NURAINI, NURAINI (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATERI BANGUN RUANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
PENGEMBANGAN_MODUL_BERBASIS_ETNOMATEMATIKA_UNTUK_M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan modul pembelajaran merupakan suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam memahamkan pembelajarannnya, lebih khusus pada siswa SD kelas V pada materi bangun ruang. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 subjek, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas VI SDN Rehak yang berjumlah 7 orang, (2) subjek uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas V SDN Rehak yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini bertujuan “untuk mengembangkan modul berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian 4D adalah tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Hasil penilaian adalah penilaian dari 3 validator ahli dan 3 dari validator praktisi pendidikan maka memperoleh presentasi 87,1% dikategorikan sangat valid, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba terbatas maka memperoleh nilai 75,5% dikategorikan praktis, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba lapangan maka memperoleh nilai 81,8% dikategorikan praktis, dan penilaian dari hasil tes ketuntasan belajar siswa maka memperoleh presentasi 91,6% dalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN DWI, HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model etnomatematika, hasil belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: NURAINI NURAINI
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:21
Last Modified: 24 Aug 2021 04:21
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2618

Actions (login required)

View Item View Item