MANAJEMEN PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS SLiMS AKASIA DI UPT. PERPUSTAKAAN UMMAT

Rita, Fatmawati (2019) MANAJEMEN PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS SLiMS AKASIA DI UPT. PERPUSTAKAAN UMMAT. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (323kB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan manajemen pelayanan perpustakaan berbasis SLiMS Akasia di UPT. Perpustakaan UMMAT, 2) Untuk mengetahui cara mengatasi kendala-kendala pada manajemen pelayanan perpustakaan berbasis SLiMS Akasia di UPT. Perpustakaan UMMAT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Kegiatan manajemen pelayanan perpustakaan berbasis SLIMS Akasia meliputi layanan sirkulasi yang terdiri dari layanan peminjaman, pengembalian, perpanjangan masa pinjam, pembuatan kartu anggota, dan perpanjangan masa keanggotaan perpustakaan. Kedua, kendala dalam manajemen pelayanan perpustakaan berbasis SLiMS Akasia yaitu mati listrik, pustakawan belum mengetahui cara penggunaannya, dan jaringan internet terbatas atau error. Adapun cara mengatasi kendala-kendala pada manajemen pelayanan perpustakaan berbasis SLiMS Akasia di UPT. Perpustakaan UMMAT yaitu: 1)Mati Listrik, Perpustakaan perlu menyediakan genset sebagai pengganti listrik sehingga kegiatan pelayanan perpustakaan dapat berjalan lancar dengan lancar dan pustakawan dapat melayani pemustaka yang ingin melakukan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka. 2) Pustakawan, Perpustakaan perlu memberikan pengarahan dan bimbingan kepada pustakawan mengenai software SLiMS Akasia dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pustakawan kepada pemustaka. 3) Jaringan. Perpustakaan perlu meningkatkan kualitas jaringan internet supaya dapat mengakses software SLiMS Akasia. Kata kunci: Manajemen pelayanan, perpustakaan, SLiMS

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerRohana, RohanaUNSPECIFIED
ReviewerWidiastuti, FurbaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 000 Karya Umum > 027 Perpustakaan, Kearsipan, Pusat Informasi untuk Disiplin Ilmu secara Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 Perpustakaan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 04 Dec 2019 02:51
Last Modified: 04 Jun 2021 07:20
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item