ANALISIS PELAYANAN SAMSAT DELIVERY DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI BAPPENDA NTB

HILDAH, FATIMAH (2021) ANALISIS PELAYANAN SAMSAT DELIVERY DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI BAPPENDA NTB. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB 3)
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (756kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kantor badan pengelolaan pendapatan daerah provinsi ntb, dengan Tujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelayanan aplikasi samsat delivery dalam meningkatkan pelayanan publik dan faktor-faktor penghambat pelayanan pembayaran pajak menggunakan aplikasi samsat delivery bagi masyarakat. Jenis penelian ini yaitu kualitatif deskripstif, Pemilihan informan penelitian ini dilakukan dengan tehnik purposive sampling dengan 3 orang pegawai Bappend Ntb sebagai key informan, dan menjadikan masyarakat sebagai informan utama atau pengguna aplikasi samsat delivery sebanyak 3 orang. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, untuk metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumuentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan validasi data penelitian ini menggunakan tringulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari enam indikator pelayanan publik yang baik berdasarkan undang-undang nomor 25 tahun 2009, yaitu meliputi, kepentingan umum, keprofesionalan, keterbukaan, partisipatif, ketepatan waktu, dan kecepatan (kemudahan dan keterjangkauan), pada aplikasi samsat delivery. Hanya Terdapat 2 indikator yang belum efektif, yaitu indikator keterbukaan dan partisipatif. sehingga dapat disimpulkan, Analisis pelayanan aplikasi samsat delivery dalam meningatkan pelayanan publik di Bappend Ntb sudah dikatakan efektif. Meskipun masih ada hambatan dalam pelayanan seperti kurangnya sumber daya manusia, aplikasi yang belum optimal, dan kurangnya sosialisasi pada masyarakat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerSITI ATIKA, RAHMInidn0815118302
ReviewerM. APRIAN, JAILANInidn0804049501
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik, samsat delivery, BAPPENDA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial
300 Ilmu Sosial > 363 Lain-lain Masalah dan Pelayanan Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Users 167 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:28
Last Modified: 18 Jan 2022 01:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item View Item