KEEFEKTIFAN METODE GROUP RESUME TERHADAP KEMAMPUAN MENGARANG SISWA KELAS V DI SDN BAJO

DAHLIA, DAHLIA (2020) KEEFEKTIFAN METODE GROUP RESUME TERHADAP KEMAMPUAN MENGARANG SISWA KELAS V DI SDN BAJO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_DAHLIA_NIM 116180105_PGSD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV_DAHLIA_NIM 116180105_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_DAHLIA_NIM 116180105_PGSD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dahlia, 2020. Keefektifan Pengunaan Metode Group Resume terhadap Kemampuan Mengarang Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Bajo Tahun Pelajaran 2020/2021. Mataram: Universitas Muhamadiyah Mataram Pembimbing I : Haifaturrahmah, M.Pd Pembimbing II : Sintayana Muhardini, M. Pd ABSTRAK Meskipun telah disadari bahwa penguasaan bahasa tulis merupakan kompetensi yang penting dan sulit dikuasai oleh peserta didik, pembelajaran menulis khususnya kemampuan mengarang peserta didik di SD Negeri Bajo belum mendapat perhatian khusus dari guru kelas. Salah satunya adalah dengan memilih dan menerapkan metode Group Resume. Tujuan penelitian ini adalah: ”untuk mengetahui sejauh mana Efektifitas metode Group Resume dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas V di SD Negeri Bajo tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, “Ada efektifitas pengunaan metode Group Resume dalam meningkatkan kemampuan mengarang peserta didik kelas V di SD Negeri Bajo tahun pelajaran 2020/2021”. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dar hasil perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 2,107 > 2,070 dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan ditolak. Kata kunci: Group Resume dan Kemampuan Mengarang Peserta Didik

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHAIFATURRAHMAH, HAIFATURRAHMAHNIDN0804048501
ReviewerSINTAYANA, MUHARDININIDN0810018901
Uncontrolled Keywords: Group Resume dan Kemampuan Mengarang Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:30
Last Modified: 23 Sep 2020 03:30
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item