PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA “INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU” PADA SISWA KELAS IV DI SDN 30 AMPENAN

NURUL, FAUZIA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA “INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU” PADA SISWA KELAS IV DI SDN 30 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_NURUL FAUZIA_NIM 116180056_PGSD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV_NURUL FAUZIA_NIM 116180056_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_NURUL FAUZIA_NIM 116180056_PGSD.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)berbasis media terhadap hasil belajar kognitiftema “indahnya keragaman negeriku”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen,jenis penelitian Quasi exsperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV 30 Ampenan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan sampel 15 siswa kelas kontrol dan 15 siswa kelas eksperimen dengan jumlah30 siswadi SDN 30 Ampenan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda (pre-test dan post-test)dan dokumentasi, uji instrument mengunakan uji validitas, reabilitas, kesukaran soal dan daya pembeda,sedangkanpengujian hipotesis penelitian menggunakan perhitungan Uji Independent Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukan nilai t_(hitung )9,199>〖 t〗_tabel 2,145 pada signifikansikan 5% dengan df = 58, maka Ha diterima dan Ho ditolak, dengan di bandingkan rata-rata nilai prestest pada kelas eksperimen (67,20) dan kelas kontrol (62,80), sedangkan pada tes posttest di kelas eksperimen (90,33) dan kelas kontrol (78,27). maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL)berbasis media, terhadap hasil belajar kognitif pada tema “indahnya keragaman negeriku” pada siswa kelas IV Di SDN 30 Ampenan tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: Contextual Teaching Learning (CTL), Hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHAIFATURRAHMAH, HAIFATURRAHMAHNIDN0804048501
ReviewerNURSINA, SARINIDN0825059102
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Contextual Teaching Learning (CTL), Hasil belajar kognitif.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 18 Sep 2020 04:07
Last Modified: 18 Sep 2020 04:07
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

View Item View Item