PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MTs AL- RAISYAH SEKARBELA TAHUN AJARAN 2019/2020

SAKARUDIN, SAKARUDIN (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII MTs AL- RAISYAH SEKARBELA TAHUN AJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_SAKARUDIN_NIM 11516A0005_MATEMATIKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_SAKARUDIN_NIM 11516A0005_MATEMATIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_SAKARUDIN_NIM 11516A0005_MATEMATIKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahan ajar yang digunakan oleh guru di MTs AL-Raisyah Sekarbela Mataram dalam pembelajaran matematika adalah buku siswa dan LKS (Lembar Kerja Siswa). Pembelajaran matematika yang mendorong kemampuan pemecahan masalah masih kurang dan belum dapat dikembangkan. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan bahan ajar modul matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing merupakan suatu solusi yang tepat untuk membantu siswa dan guru dalam pembelajaran matematika yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bentuk kreatif dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Matematika berbasis penemuan terbimbing pada materi lingkaran kelas VIII AL-Raisyah Sekarbela Mataram tahun ajaran 2019/2020. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kualitas kelayakan modul yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Jenis penelitian ini adalah peneitian pengembangan modul dengan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D (Define, Design, Deveop, and Disemination) yang dikembangkan oleh thiangarajan, Semmel dan Semmel. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan (1) Aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata total penilaian validator adalah 8,92 (2) Aspek kepraktisan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata total nilai siswa 81,8 dan angket respon siswa dengan presentase sebesar 100% dan (3) Aspek keefektifan memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 100%. Kata Kunci : MODUL, Model Four –D, Penemuan Terbimbing, Lingkaran

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerMahsup, MahsupNIDN0828068202
ReviewerSirajuddin, SirajuddinNIDN0802128702
Uncontrolled Keywords: MODUL, Model Four –D, Penemuan Terbimbing, Lingkaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 23 Sep 2020 07:26
Last Modified: 23 Sep 2020 07:26
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item