PENGARUH PERUBAHAN KECEPATAN PADA TIKUNGAN TERHADAP JARAK PANDANG PENGEMUDI DIRUAS JALAN BYPASS BIL MANDALIKA KM 0+400-0+600

ARYA, ADITYA ARIPANDA (2025) PENGARUH PERUBAHAN KECEPATAN PADA TIKUNGAN TERHADAP JARAK PANDANG PENGEMUDI DIRUAS JALAN BYPASS BIL MANDALIKA KM 0+400-0+600. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jalan merupakan salah satu jenis prasarana transportasi darat yang meliputi seluruh bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan pelengkapnya. Jalan juga dapat mempermudah pergerakan orang dan barang. Untuk itu perlu didukung oleh kondisi jalan yang baik dan layak. Perencanaan geometrik jalan yang baik dapat memicu pertumbuhan suatu wilayah, adupun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perubahan tingkat kelayakan kecepatan kendaraan dan jarak pandang pada tikungan di ruas jalan di kabupaten Lombok Tengah, kecamatan Pujut di jalan Bypass BIL Mandalika Km 0+400-0+600, sekaligus memberikan solusi, apabila tingkat kelayakan tersebut tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan survei geometrik jalan dan survey kecepatan kendaraan pada lokasi tikungan baypass BIL Mandalika Km 0+400-0+600. Pengukuran geometrik jalan menggunakan alat theodolite, sedangkan pengukuran kecepatan kendaraan dengan menggunakan alat pencatat kecepatan dan analisis data dilakukan untuk menentukan kecepatan rata-rata serta kepatuhan terhadap standar geometrik tikungan yang ditetapkan oleh Bina Marga 1997. Hasil penelitian di tikungan jalan Baypass BIL Mandalika Km 0+400-0+600 adalah kelas jalan Arteri dan medan perbukitan, dimana tipe tikungan di lokasi penelitian Spiral-Circle-Spiral (S-C-S). Jalan baypass BIL Mandalika memiliki kecepatan rata-rata kendaraan dalam tikungan adalah 32,76 km/jam, yang diambil dalam 3 segem jalan yaitu 25 m awal tikungan, 25 m tengah tikungan dan, 25 m akhir tikungan. Dengan hasil survey menunjukkan bahwa pola kecepatan pengemudi menurun setelah memasuki tikungan dan kelayakan jarak pandang berdasarkan kecepatan pengemudi, maka pengaruh perubahan kecepatan terhadap jarak pandang di tikungan jalan Baypass BIL Mandalik km 0+400-0+600 memenuhi standar kelayakan yang berlaku.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Thesis advisorAULIA, MUTTAQINnidn0802068401
Uncontrolled Keywords: Tikungan, Kecepatan Kendaraan, Jarak Pandang
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Arya Aditya Aripanda
Date Deposited: 21 Feb 2025 03:18
Last Modified: 21 Feb 2025 03:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10969

Actions (login required)

View Item View Item