ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 19 AMPENAN TAHUN AJARAN 2024/2025

SUSI, SUMIATI (2025) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 19 AMPENAN TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFAR PUSTAKA_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan gambaran terkait apa saja yang dilakukan dan dipersiapkan oleh guru selama proses mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 19 Ampenan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I dan IV, dan siswa siswi SDN 19 Ampenan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru SDN 19 Ampenan dalam mengimplementasi kurikulum merdeka dapat dilihat dari: (1) Guru berusaha memaparkan dengan maksimal terkait pemahaman tentang implementasi kurikulum merdeka mulai dari pemahaman konsep, tujuan, mekanisme dan struktur penerapan kurikulum merdeka; (2) Guru mempelajari lebih lanjut terkait persiapan dan perencanaan proses pembelajaran; (3) Tahap pelaksanaan pembelajaran, guru telah mengimplementasikan kurikulum merdeka sesuai dengan arahan pemerintah yakni melaksanakan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila dan pembelajaran berdiferensiasi; (4) Guru melaksanakan asesmen awal, formatif dan sumatif serta mengolah penilaian tersebut untuk melihat ketercapaian pembelajaran serta dijadikan sebagai bahan evaluasi; dan (5) Ketersediaan sarana dan prasarana mendukung proses implementasi kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 19 Ampenan berusaha semaksimal mungkin dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memiliki manfaat bagi penelitian selanjutnya dan menjadi referensi bagi guru dan sekolah lainnya dalam implementasi kurikulum merdeka di SD.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Susi Sumiati
Date Deposited: 19 Feb 2025 06:20
Last Modified: 19 Feb 2025 06:20
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item