PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 27 MATARAM

AHMAD, RIDWANSYAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 27 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CEK_AHMAD RIDWANSYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelejaran IPA. Siswa menganggap pelajaran IPA tidak menyenangkan dan membosankan, karena mata pelajaran IPA selalu berkaitan dengan teori tanpa praktik. Jadi, upaya untuk mengatasi kurangnya motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, and Satisfaction) berbantuan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 27 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan non equifalent control group design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V A dan V B di SDN 27 Mataram, dengan jumlah 38 orang dengan teknik simple random sampling. Jumlah siswa yang masuk di kelas eksperimen sebanyak 19 orang sedangkan siswa kelas kontrol sebanyak 19 orang. Untuk mengumpulkan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan hipotesis dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows dengan menggunakan teknik Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, di poroleh nilai t_hitung≥ t_tabel (2,999 ≥ 2,042). Maka Ho ditolak dan Ha terima. Hal ini menunjukkan, bahwa hipotesa (Ha) yang berbunyi bahwa ada pengaruh penerapan model ARIAS berbantuan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 27 Mataram Tahun Pelajaran 2024/2025, dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ARIAS, Media Audio Visual, Motivasi Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Ridwansyah
Date Deposited: 19 Feb 2025 06:37
Last Modified: 19 Feb 2025 06:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10864

Actions (login required)

View Item View Item