MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PKn SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DOMPU TAHUN AJARAN 2019/2020

SANTI, SUSILAWATI (2020) MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PKn SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DOMPU TAHUN AJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
SKRIPSI COVER, BAB I - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V dan lampiran-lampiran..pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran kelas VIII mata pelajaran PPKn pada SMPN 3 Dompu terlihat tidak aktif atau tidak kondusif, karena siswa tidak memperhatikan dengan baik pelajaran yang disampaikan oleh gurunya dengan melalui metode ceramah. Mereka hanya asyik sendiri, terkadang merasa bosan dan jenuh, untuk itu peneliti melakukan penelitian eksperimen untuk melihat tingkat pemahaman siswa dengan menggunakan Media Pembelajaran E-Learning.Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui apakah Media Pembelajarn E-Learning dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep PKn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Dompu Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan bentuk yang digunakan yaitu Bentuk Pre-Eksperimen dengan Desain Static-Group Comparison.Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan dua kelas yaitu kelas VIIIA dan kelas VIIIC dengan jumlah sampel 60 orang siswa dan membandingkan hasil belajar kedua kelas tersebut.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tesdan dokumentasi,dan metode analisis data yang digunakan adalah rumus statistik berupa rumus Uji-t. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dk= n1+n2-2= 31+31-2=60 pada taraf signifikan 5% dengan nilai thitung˃ttabel tertera 13,201˃2,000 artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi: “Terdapat Peningkatan Pemahaman Konsep PKn Siswa dalam Menggunakan Media Pembelajaran E-Learning terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Dompu Tahun Ajaran 2019/2020” diterima. Oleh karena itu terdapat perbedaan antara Strategi Pembelajaran Konvesional dengan Menggunakan Media Pembelajaran E-Learning. Dengan nilai rata-rata kelas kontrol 70 dan kelas eksperimen 94,35. Kata kunci :Media Pembelajaran, E-Learning, Meningkatkan Pemahaman, dan Konsep PKn.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHAFSAH, HAFSAH196905062007012037
ReviewerABDUL, SAKBAN0824048404
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, E-Learning, Meningkatkan Pemahaman, dan Konsep PKn.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:12
Last Modified: 01 Sep 2020 03:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item