A SOCIOLINGUISTIC STUDY OF CODE-MIXING IN TALK SHOW NGOBROL SORE SEMAUNYA EPISODE 22 ON CXO MEDIA’S YOUTUBE CHANEL

SYAIDUL, ANAM (2023) A SOCIOLINGUISTIC STUDY OF CODE-MIXING IN TALK SHOW NGOBROL SORE SEMAUNYA EPISODE 22 ON CXO MEDIA’S YOUTUBE CHANEL. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SYAIDUL ANAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
similarity check SYAIDUL ANAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang fenomena code-mixing melalui perspektif sosiolinguistik pada talk show Ngobrol Sore Semaunya Episode 22 yang diunggah di kanal YouTube Cxo Media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis code-mixing dan fungsinya dalam percakapan dengan menerapkan teori Suwito tentang jenis-jenis code-mixing, peneliti menganalisis percakapan untuk mengategorikan berbagai jenis code-mixing dan fungsinya dalam percakapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis yang dominan digunakan dalam percakapan adalah code-mixing penyisipan kata, yang terjadi sebanyak 92 kali, atau 50,82%. Code-mixing penyisipan frasa mengikuti dengan 63 kali kemunculan (34,83%), sementara penyisipan klausa lebih jarang, muncul 8 kali (4,42%). Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi 3 kejadian penyisipan campuran (1,66%) dan satu kejadian penyisipan ungkapan (0,55%). Hasil ini menyoroti berbagai cara di mana code-mixing berfungsi dalam diskursus kasual berbasis media, yang berkontribusi pada pemahaman dinamika sosiolinguistik dalam Ngobrol Sore Semaunya Episode 22.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayati, Hidayatinidn08200 47301
Thesis advisorRIma, Rahmaniahnidn0821118601
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 10 Dec 2024 03:27
Last Modified: 10 Dec 2024 03:27
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10606

Actions (login required)

View Item View Item