MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII DI SMPN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2023/2024

Ahmad, Fikri Amrullah (2024) MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII DI SMPN 1 PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Ahmad Fikri Amrullah (2022A1C025P).pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (similarity check)
Ahmad Fikri Amrullah_CEK PLAGIASI6 (1).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman tentang hasil belajar dan masalah-masalah di dalam pelaksanaan proses belajar memungkinkan guru dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan dan dapat menemukan solusi tindakan yang dianggap tepat. Memahami pentingnya hal ini, maka perlu diketahui faktor yang mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Praya Tengah. Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif suatu pengamatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama dengan menghadirkan suatu kerjasama dengan pihak-pihak lain seperti atasan, teman sejawat, atau guru dengan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang dianalisis adalah aktivitas guru dan peserta didik serta hasil tes. Hasil penelitian ini yakni peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran NHT. Nilai rata-rata peserta didik yang diperoleh, yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,81 dengan persentase ketuntasan 48%, lalu pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh meningat sebesar 75,8 dengan persentase ketuntasan sebesar 80%, meskipun telah memenuhi standar ketuntasan peneliti melanjutkan penelitian ke siklus III untuk memastikan peningkatan hasil belajar peserta didik; dan pada siklus III nilai rata-rata peserta didik semakin meningkat sebesar 78,5 dengan persentase ketuntasan 89%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Model NHT, Hasil Belajar, PPKn
Subjects: 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Fikri Amrullah
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:34
Last Modified: 27 Sep 2024 02:34
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10509

Actions (login required)

View Item View Item